Sabtu, 22 Desember 2012

Inilah Alasan Kenapa Bajak Laut Menutup Sebelah Matanya


 0 0 0 1
Inilah Alasan Kenapa Bajak Laut Menutup Sebelah Matanya [ www.Up2Det.com ]

Dari dulu saya selalu bertanya-tanya, kenapa Bajaklaut identik dengan yang namanya penutup mata, Hampir semua film bajak lautyang pernah saya lihat, sang bajak lautnya pasti menggunakan penutup mata. Dulusaya pernah beranggapan bahwa bajak laut memakai penutup mata karena sebelahmatanya ditusuk oleh lawannya, tapi setelah

dewasa, anggapanitu saya buang jauh-jauh, kenapa? masak iya, Semua bajak laut ditusuk sebelahmatanya oleh musuhnya.

Dan baru-baru ini, saya menemukan jawabandari pertanyaan sulit tersebut. Jawaban ini saya dapat dari majalah Bobo.Alasanya sangat simpel namun logis dan bisa dicerna dengan mudah menurut ilmupengetahuan.

Lalu apa

alasanya bajak lautmenggunakan penutup mata
? Alasanya adalah karena pengaruh cahaya. Lho? Benar, kok bisa?. tentusaja bisa, pada jaman dahulu, kapal bajak laut belum dilengkapi dengansistem cahaya seperti sekarang, sehingga kapal-kapal bajak laut tersebut tidakmemiliki lampu. Hasilnya bagian geladak kapal dalam sangat gelap. Namunsebaliknya, geladak kapal bagian atas justru sangat terang, hal ini karenapantulan sinar matahari langsung mengenai bagian geladak atas.

Lalu apa hubunganya dengan penutup mata? Para Bajaklaut menggunakan penutup mata agar matanya bisa langsung beradaptasi dengankeadaan tersebut. Bayangkan saja, setelah melihat cahaya yang terang (geladakatas), tiba-tiba mata harus langsung melihat ruangan gelap gulita yang minimcahaya (geladak bawah). Maka dari itu para bajak laut memerlukan penutup mataagar bisa cepat beradaptasi dengan keadaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar